Pura Segara Rupek, Destinasi Wisata Religi yang Megah di Buleleng Bali

Kebanyakan orang mengira bahwa ujung barat Bali terletak di Gilimanuk, namun nyatanya itu tidak benar. Pasalnya masih ada Pura Segara Rupek yang berlokasi di Kabupaten Buleleng. Menurut Susastra Babad disinilah kisah terpisahnya Pulau Jawa dan Pulau Bali dimulai sekaligus menjadi jarak paling dekat antara kedua pulau tersebut.

Pura yang menjadi tempat beribadahnya umat Hindu ini berada di area Taman Nasional Bali Barat atau yang disingkat TNBB dimana untuk bisa mencapai lokasi tersebut bisa dikatakan cukup susah. Meskipun begitu keindahan dari salah satu tempat bersejarah ini sangatlah menakjubkan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai tempat berwisata.

Meskipun Pura Segara Rupek yang berlokasi di ujung barat Bali ini masih sering digunakan untuk berdoa oleh umat Hindu namun bagi wisatawan yang bukan beragama Hindu juga bisa mengunjunginya untuk berwisata. Kali ini kita akan sedikit mereview tentang pura yang menjadi tempat terpisahnya Pulau Jawa dan Pulau Bali tersebut.

1. Bangunan Pura

Bali memang sudah terkenal akan pesona pantai dan bangunannya yang sangat unik dan menarik. Salah satu contoh bangunan unik di Bali adalah Pura Segara Rupek yang berada di Kabupaten Buleleng. Bangunan yang digunakan sebagai tempat beribadah oleh masyarakat setempat ini sangat menakjubkan karena terbuat dari pahatan batu yang disusun.

Pahatan batu tersebut bahkan dibuat sudah dari dahulu kala dan masih tetap dijaga dengan baik sampai saat ini. Tidak hanya memiliki satu atau 2 bangunan saja tetapi wisatawan bisa menemukan banyak sekali bangunan menakjubkan di lokasi wisata kebudayaan yang satu ini.

2. Panorama Alam

Daya tarik berikutnya yang dimiliki oleh Pura yang berada di sebelah barat Pulau Bali ini adalah alamnya. Dikarenakan berada dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat membuat tempat beribadah umat Hindu ini memiliki beberapa pohon rindang yang bisa digunakan untuk berteduh dari teriknya sinar Matahari.

Tidak hanya itu karena lokasinya yang cukup jauh dari area perkotaan membuat wisatawan bisa merasa lebih tenang dan tidak terganggu oleh hiruk pikuknya dunia perkotaan. Hal tersebut bisa membuat wisatawan melakukan relaksasi pikiran dan melepaskan beban permasalahan yang dimiliki.

3. Kebudayaan

Beralih ke daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pura Segara Rupek adalah kebudayaan masyarakat setempat. Selain pesona pantai yang cantik dan bangunan yang unik, Bali juga terkenal akan kebudayaannya yang sangat menarik. Di lokasi Pura cantik ini wisatawan juga bisa merasakan bagaimana kebudayaan Bali itu berkembang.

Bahkan jika anda mengunjungi Pura nan menakjubkan ini diwaktu yang tepat maka anda akan melihat upacara adat dan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Semua wisatawan yang berkunjung tetap bisa menyaksikan upacara tersebut dengan syarat tidak boleh mengganggu mereka yang sedang melakukan kegiatan.

4. Pesona Laut

Lokasi dari Pura cantik ini tidak jauh dari pantai, dimana hal tersebut membuat wisatawan bisa melihat laut dari kejauhan. Ada beberapa wisatawan yang tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dimana mereka kemudian mengeluarkan kamera dan mengambil gambar sebanyak mungkin sebelum meninggalkan tempat wisata kebudayaan ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pura Segara Rupek berada di Kabupaten Buleleng, Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Provinsi Bali. Untuk rute perjalanan dari Kota Denpasar (Ibukota Bali) menuju Kabupaten Buleleng (Lokasi Pura Segara Rupek berada) bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor sejauh 143 km dengan lama perjalanan diperkirakan sekitar 4 jam 4 menit.

Rute perjalanan bisa menggunakan Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk melewati Selemadeg, Bajera, Pulukan, Jehembang, Negara, Belimbingsari, Penginoeman dan tiba di Gilimanuk. Namun anda tidak perlu masuk Gilimanuk terlalu jauh karena setelah sampai di Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali anda harus menurunkan kecepatan kendaraan anda.

Hal tersebut dikarenakan tidak jauh dari Monumen Operasi Lintas Laut Jawa – Bali anda akan menemukan pertigaan Tugu Cekik. Di pertigaan ini anda harus belok kanan menuju Jl. Singaraja – Gilimanuk lalu tiba di Simpang Taman Nasional Bali Barat (TNBB) kemudian belok kiri di simpang TNBB tersebut.

Ikuti jalan dari Simpang Taman Nasional Bali Barat ini sampai mentok kemudian belok kiri lagi dan terus lurus menyusuri pinggir pantai Selat Bali. Setelah melewati Pantai Taman Nasional Bali Barat 2 anda akan menemukan lokasi wisata tujuan yang berada di sebelah kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Untuk harga tiket masuk ke Pura Segara Rupek bisa dikatakan cukup mahal. Dimana untuk wisatawan asing (bukan masyarakat setempat) wajib membayar tiket masuk sebesar Rp 200.000 per orang di hari biasa (senin sampai Jumat), sedangkan untuk weekend (Sabtu dan Minggu) harga tiket masuk menjadi Rp 300.000 per orang.

Tetapi bagi masyarakat setempat tiket masuk ke Pura cantik ini adalah sebesar Rp 5.000 hingga Rp 15.000 per orangnya. Sedangkan bagi umat Hindu yang ingin berdoa atau beribadah bisa memasuki tempat bersejarah tersebut tanpa dipungut biaya sepeserpun.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pura Segara Rupek

1. Beribadah

Kegiatan menarik paling pertama yang bisa dilakukan oleh wisatawan di lokasi wisata nan cantik ini adalah beribadah (khusus bagi umat Hindu). Memang kebanyakan orang yang datang ke lokasi wisata keagamaan ini adalah untuk berlibur, namun jika salah satu diantara wisatawan tersebut adalah umat Hindu maka berlibur sekaligus beribadah bisa dilakukan.

2. Melihat-Lihat Bangunan Pura Segara Rupek

Pura Segara Rupek memiliki beberapa bangunan yang sangat menakjubkan terbuat dari pahatan batu dengan berbagai ukiran yang kemudian disatukan. Bangunan-bangunan tersebut tetap dirawat dengan baik hingga saat ini, hal tersebut membuat wisatawan tetap bisa menyaksikan keindahan dari Pura cantik ini meski usianya sudah tidak muda lagi.

3. Menikmati Pesona Alam Sekitar

Dikarenakan berada dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat atau TNBB membuat area sekitar Pura nan indah tersebut menjadi sangat tenang. Wisatawan yang berkunjung dapat menyaksikan indahnya hutan, pegunungan, hingga laut dari kejauhan. Tidak hanya itu terdapat beberapa burung yang menjadikan TNBB sebagai rumah mereka.

4. Berfoto-Foto

Sebelumnya sudah sempat disinggung bahwa ada beberapa spot foto menarik yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk mengambil gambar yang instagramable. Sebut saja seperti hutan, pegunungan, dan laut yang bisa dijadikan background. Selain itu ada juga bangunan Pura Segara Rupek yang menjadi objek foto terbaik di lokasi wisata paling barat Bali ini.

Setiap wisatawan yang menginjakan kakinya di lokasi wisata cantik ini pasti menyempatkan diri untuk mengambil gambar Pura menakjubkan tersebut atau menggunakannya sebagai background foto mereka. Lokasi wisata di Kabupaten Buleleng ini masih tergolong sepi jadi wisatawan bisa mengambil foto di manapun tanpa perlu khawatir soal keramaian.

5. Bersantai

Beralih ke kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan oleh wisatawan di objek wisata kebudayaan ini adalah bersantai. Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat tidak banyak kebisingan yang bisa didengar oleh wisatawan, apalagi bangunan menakjubkan ini merupakan tempat ibadah umat Hindu membuatnya menjadi sangat tenang.

Hal tersebutlah yang menjadikan kegiatan bersantai bisa dilakukan oleh setiap wisatawan yang berkunjung. Maka dari itu bagi anda yang ingin berlibur ke Pulau Bali namun mencari lokasi wisata bagus tetapi sepi pengunjung maka Pura Segara Rupek bisa menjadi salah satu rekomendasi yang tepat.

6. Wisata Kuliner

Kegiatan menarik terakhir yang bisa dilakukan oleh wisatawan di sekitaran tempat wisata cantik asal Sumber Klampok ini adalah wisata kuliner. Hal ini bisa terjadi karena di sekitar tempat wisata keagamaan tersebut terdapat beberapa warung makan yang menyajikan masakan khas Bali, jadi wisatawan bisa sekaligus mencoba masakan-masakan tersebut.

Leave a Comment