6 Jenis AC yang wajib Diketahui

Jenis AC rupanya ada berbagai macam. Selama ini anda mungkin mengetahui kalau AC itu sama semua. Padahal, ada beragam jenis AC yang disesuaikan dengan kapasitas daya dan dimana AC tersebut diletakkan. Adanya berbagai macam jenis AC ini tentu dapat memudahkan bagi orang-orang yang ingin membangun bangunan tertentu. Dengan menggunakan jenis AC yang tepat pada bangunan anda, produktivitas dan kenyamanan akan meningkat tentunya.

Selama ini, mungkin AC yang Anda ketahui hanyalah AC kantor, AC di rumah, maupun AC yang umum ditemui di tempat publik. Tapi sebenarnya ada berbagai macam AC yang belum kita ketahui karena tidak semua tempat menggunakan jenis pendingin ruangan ini.

Beberapa bangunan dan gedung tertentu menggunakan jenis AC yang berbeda-beda supaya menghemat biaya listrik dan juga mengurangi resiko jika terjadi kerusakan pada pendingin ruangan.

Baca juga: Pengertian Cold Storage dan Cara Kerjanya

Nah, supaya lebih jelas lagi, yuk kenalan dengan berbagai jenis AC yang mungkin akan anda temui di berbagai tempat. Berikut ulasannya.

Jenis-jenis AC

Jenis-jenis AC berikut ini sering kita gunakan pada berbagai skala, mulai dari skala besar seperti perkantoran dan gedung bertingkat sampai skala kecil yakni rumah-rumah penduduk. Lalu apa saja jenis AC tersebut?

1. AC Inverter

AC inverter ini bentuk dan cara kerjanya sama dengan AC split wall, bedanya hanyalah system yang digunakan pada AC ini yakni system inverter. Sistem inverter ini adalah teknologi yang digunakan untuk mengontrol kecepatan kompresor yang digunakan untuk mendorong aliran Freon ke dalam AC. Karena kemampuannya dalam mengontrol kecepatan kompresor tersebut, tak salah jika AC ini dikenal hemat daya dan ramah lingkungan.

2. AC Central

Pada AC central ini udara dari ruangan atau bangunan dingin setelah terproses pada cooling plant di luar ruangan tersebut. Kemudian udara yang telah dingin akan masuk ke dalam ruangan atau bangunan tersebut. Karena sistemnya cukup rumit, yang biasa menggunakan AC central adalah bangunan skala besar seperti mall, universitas, hotel, dan rumah sakit. Tak hanya itu saja, anda tidak bisa sembarangan mematikan AC central karena beberapa AC bisa saling mempengaruhi.

3. AC Floor Standing

AC floor standing ini juga digunakan untuk skala kecil hingga menengah. Namun bedanya pada AC jenis ini hanya memiliki satu unit saja yakni indoor. Jenis AC floor standing ini lebih ringkas dan tidak ribet penggunaannya. AC jenis ini menggunakan air untuk menghasilkan udara dingin sehingga di dalam AC terdapat semacam tank untuk menampung air. Kalau anda mencari pendingin ruangan yang unik dan simple, AC floor standing bisa jadi jawaban.

4. AC Casette

Pernahkan anda melihat di dalam suatu ruangan ada alat berbentuk kotak beruas-ruas yang menempel di plafon dari ruangan tersebut? Nah, itu adalah AC Casette. AC jenis ini dapat anda temukan penggunaannya pada ruang rapat atau kantor yang premium dan besar. Jenis AC ini Nampak lebih elegan karena terpasang di langit-langit ruangan. Instalasinya juga ada dua sehingga anda yang berminat menggunakan AC jenis ini bisa menyesuaikan karena lebih rumit jika anda bandingkan dengan jenis AC yang lain.

5. AC Split Wall

AC split wall adalah jenis yang paling banyak pengunanya karena orang sering memasangnya di rumah atau juga kantor berskala kecil hingga menengah. Perlu anda ketahui, AC ini memiliki dua unit yang digunakan dalam proses instalasinya, yaitu indoor dan outdoor. Untuk unit outdoor, di dalamnya terdapat kompresor. Prinsip kerja AC berikut dengan cara mempompa Freon ke koil pendingin melalui saluran yang sudah terhubung dengan pipa. Pipa tersebut menghubungkan unit indoor dan outdoor.

6. AC Split Duct

Ketika anda sedang berada di mall pernahkah anda berpikir mengapa bisa terasa sejuk, padahal AC nya tidak terlihat? Karena mereka menggunakan jenis AC Split duct. AC jenis ini memiliki cara kerja dengan system ducting sebagai cara mendistribusikan hawa dingin ke seluruh ruangan. Peletakkan AC ini biasanya pada bagian langit-langit atau tembok dan bisa anda tutupi sehingga keberadaanya seringkali tidak terlihat. AC jenis ini cocok bagi anda yang ingin membangun ruangan dengan estetika yang unik tanpa merasa ‘terganggu’ oleh keberadaan pendingin ruangan yang terlalu menonjol.

Leave a Comment