Bagaimana Cara Kerja Oven Gas?

Kegiatan menyalakan oven dan membiarkannya hingga mencapai suhu yang tepat disebut “memanaskan oven”. Karena oven membutuhkan beberapa waktu untuk memanas, kebanyakan resep menyarankan agar Anda menyalakan oven lebih dahulu sebelum mulai memasak. Artikel ini akan menunjukkan Anda cara memanaskan baik oven listrik maupun gas. Apakah artikel ini membantu Anda? ⚠️ Disclaimer: Content from Wiki How Bahasa Indonesia language website. Text is available under the Creative Commons Attribution-Share Alike License; additional terms may apply. Wiki How does not encourage the violation of any laws, and cannot be responsible for any violations of such laws, should you link to this domain, or use, reproduce, or republish the information contained herein. A few of these subjects are frequently censored by educational, governmental, corporate, parental and other filtering schemes. Please note: Wiki How does not give you opinion about the law, or advice about medical. If you need specific advice (for example, medical, legal, financial or risk management), please seek a professional who is licensed or knowledgeable in that area.

Jika oven dinyalakan dengan pemantik, nyalakan oven dan atur suhunya. Anda mungkin perlu sedikit menekan pengatur suhu sebelum memutarnya. Jika oven menggunakan tanda gas dan bukan Celsius atau Fahrenheit, Anda perlu mengubah tanda tersebut. Anda perlu menyalakan internet dan gunakan alat pengubah ukuran daring. Terkadang, pemantik api bermasalah atau perlu dinyalakan sebelum digunakan. Jika demikian, pastikan pengatur suhu berada dalam posisi mati dan temukan pemantiknya. Nyalakan korek api dan dekatkan apinya ke samping lubang pemantik. Jika pemantik menyala, singkirkan korek api. Jika pemantik tidak menyala, naikkan suhunya sedikit. Jika oven Anda digital, tekan broil atau bake pada keypad, dan atur suhu. Gunakan panah naik dan turun pada pad untuk menyesuaikan suhu. Begitu Anda mengatur suhu, tekan Start. Angka pada layar akan berubah-angka ini adalah suhu di dalam oven saat ini. Tunggu suhu naik hingga mencapai suhu yang Anda telah tentukan. Saat oven mencapai suhu yang tepat, masukkan makanan ke dalam.

Letakkan makanan lebih dekat ke sumber panas. Kebanyakan bagian bawah oven lebih hangat, dan di tempat inilah yang perlu Anda pertimbangkan untuk meletakkan makanan Anda untuk memastikan mereka termasak dengan sempurna. Jika menggunakan banyak rak, cobalah sebar susunan makanan di dalam alih-alih menyusunnya berjajar. Hal ini akan mengakibatkan sirkulasi udara panas di dalam oven lebih merata. Pertimbangkan untuk menggunakan pengukur suhu jika Anda memiliki oven listrik. Suhu di dalam oven tidak selalu akurat. Cukup letakkan pengukur suhu oven dan gunakan suhu yang tertera sebagai rujukan daripada menunggu lampu indikator menyala atau oven berbunyi. Ingatlah bahwa setiap oven berbeda, dan Anda mungkin perlu memanggang makanan Anda lebih lama daripada yang disarankan resep. Sama halnya, makanan Anda bisa matang lebih cepat dari yang tertera di resep. Pastikan Anda menutup pintu oven dengan rapat. Jangan buka pintunya selama memanggang. Anda kehilangan suhu panas setiap kali membuka pintu oven, dan hal itu berarti makanan Anda butuh lebih banyak waktu untuk matang.

Terkadang, suhu oven yang sedang memanas akan turun apabila pintunya dibuka. Beberapa hidangan tidak memerlukan oven yang dipanaskan dan bisa langsung dimasukkan ke dalam oven selagi oven memanas. Membiarkan oven Anda memanas (atau memanas sendiri hingga suhu yang benar) itu penting. Tidak melakukan hal tersebut bisa menyebabkan makanan kurang matang atau lebih lama matang. Hal ini juga bisa menyebabkan makanan Anda tidak matang merata. Jika Anda menggunakan oven gas dan mencium bau gas, mungkin terjadi kebocoran gas. X Teliti sumber Segera matikan oven dan JANGAN gunakan alat elektronik apa pun. Hal tersebut bisa menyebabkan ledakan. Buka jendela, tinggalkan rumah, dan gunakan telepon tetangga atau telepon seluler Anda untuk menghubungi layanan darurat. Jangan gunakan telepon seluler Anda di dalam rumah. 1. ↑ Reluctant Gourmet, Apakah Posisi Rak Penting? 5. ↑ Alinta Energy, Bagaimana Cara Kerja Oven Gas? Sebelum memanggang sesuatu, oven Anda harus dipanaskan sampai suhu yang tepat. Jika untuk menyalakan hanya membutuhkan beberapa detik, oven bisa membutuhkan beberapa menit untuk mencapai suhu yang tepat.

Kebanyakan resep tidak dibuat untuk ketinggian dan karenanya memerlukan penyesuaian. Jika Anda berada pada ketinggian 3.000 kaki (sekitar 900an meter) atau lebih, Anda perlu menyesuaikan resep Anda. Tingkatkan suhu untuk memanggang. Saat Anda menyalakan oven, Anda perlu mengatur suhu lebih tinggi dari yang tertera di resep. X Teliti sumber – Jika Anda berada pada ketinggian 7.000 sampai 9.000 kaki (sekitar 2.100-2.750 meter), pertimbangkan untuk memperpanjang waktu memanggang. Jika Anda berada pada ketinggian 9.000 kaki (sekitar 2.750 meter) atau lebih, tingkatkan suhu yang tertera pada resep sebesar 25°F (14°C). Kemudian, begitu Anda memasukkan makanan ke dalam oven, turunkan suhu kembali ke suhu yang tertera di dalam resep. Perpendek waktu memanggang. Karena Anda meningkatkan suhu, makanan Anda akan lebih cepat matang daripada yang disarankan resep. Untuk setiap 6 menit waktu memanggang yang tertera di resep, kurangi selama 1 menit. Sebagai contoh, jika hidangan Anda perlu dipanggang selama 30 menit, kurangi waktu memanggang, dan panggang selama 25 menit saja.

Untuk membuat artikel ini, 32 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Ada 13 referensi yang dikutip dalam artikel ini dan dapat ditemukan di akhir halaman. Artikel ini telah dilihat 92.162 kali. Sebelum memanggang sesuatu, oven Anda harus dipanaskan sampai suhu yang tepat. Jika untuk menyalakan hanya membutuhkan beberapa detik, oven bisa membutuhkan beberapa menit untuk mencapai suhu yang tepat. Kegiatan menyalakan oven dan membiarkannya hingga mencapai suhu yang tepat disebut “memanaskan oven”. Karena oven membutuhkan beberapa waktu untuk memanas, kebanyakan resep menyarankan agar Anda menyalakan oven lebih dahulu sebelum mulai memasak. Artikel ini akan menunjukkan Anda cara memanaskan baik oven listrik maupun gas. Sebaiknya panaskan oven Anda sebelum memasak. Oven listrik sering membutuhkan 10 sampai 15 menit sebelum mencapai suhu yang tepat. Waktu ini cukup untuk menyiapkan resep Anda. Jika Anda membutuhkan lebih dari 15 menit untuk menyiapkan bahan, cobalah menyalakan oven di tengah proses persiapan.

Cukup pegang pengatur suhu, tekan, dan putar sampai penandanya menunjuk suhu yang tepat. Tunggu sampai oven mencapai suhu yang diinginkan. Kebanyakan oven modern memiliki pengaturan yang menunjukkan suhu saat ini atau berbunyi saat siap. Beberapa oven memiliki lampu kecil yang menyala saat suhu sudah tepat. Lampu ini biasanya bersebelahan dengan pengatur suhu. Kebanyakan oven membutuhkan 10 sampai 15 menit untuk memanas hingga suhu yang tepat. Jika oven Anda lebih tua, mungkin tidak memiliki angka pengatur suhu; Anda mungkin hanya memiliki tombol untuk menghidupkan dan mematikan oven. Jika demikian, cukup nyalakan oven dan biarkan selama 10 sampai 15 menit sebelum meletakkan hidangan ke dalam oven untuk dipanggang. Pertimbangkan untuk menggunakan pengukur suhu oven. Kadang suhu di dalam oven tidak tepat dan tidak cocok dengan suhu yang tertera pada pengatur suhu. Pengukur suhu oven, umumnya diletakkan di dalam oven, akan menunjukkan suhu yang sesungguhnya. Gunakan pengukur suhu ini sebagai acuan daripada menunggu lampu indikator menyala atau oven berbunyi.

Leave a Comment